Waspadai Berbagai Jenis Flu

Waspadai Berbagai Jenis Flu

Selama ini, banyak orang yang menganggap penyakit flu atau influenza hanyalah penyakit sepele. Tinggal minum obat flu atau istirahat, penyakit hilang dan semua beres. Namun belakangan, sejak populer wabah flu burung dan flu babi, orang jadi sadar bahwa flu tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, korban meninggal akibat penyakit flu burung dan flu babi tersebut jumlahnya tak bisa dibilang sedikit. Ini mengingatkan kita pada flu mematikan yang pernah terjadi pada 1800-an akhir di Rusia dan sekitar awal tahun 1900-an di Spanyol. Konon, akibat flu di dua negara tersebut, korbannya mencapai jutaan orang.

Lantas, apa saja flu yang patut kita waspadai? Sebenarnya, secara umum, virus dibagi menjadi tiga, yaitu Tipe A, B, dan C.

Virus Tipe A ini merupakan virus yang tergolong paling sering memakan korban. Selain bisa menginfeksi pada manusia, virus ini bisa menjangkiti kuda, babi, ikan paus, dan berbagai binatang lain. Tapi, umumnya, penjangkitan virus ini biasanya dimulai dari burung liar. Virus Tipe A memiliki banyak sub jenis. Berdasarkan jenis protein di permukaannya, virus Tipe A dibagi jadi Hemaglutinin (HA) dan Neuroaminidase (NA). Kombinasi kedua tipe protein ini menghasilkan beraneka jenis virus, misalnya H1N1, H3N2, H7N7, hingga beberapa jenis lainnya. Flu jenis baru yang terkenal dan sempat menimbulkan kepanikan di seluruh dunia, adalahH1N1 yang dikenal dengan flu babi serta H5N1 yang disebut flu burung.

Namun, tidak semua virus Tipe A mematikan. Beberapa varian, H7N7, H9N2, H10N7, H7N2, dan H7N3, juga banyak terjadi. Karena tak sampai menimbulkan korban, maka jenis virus tersebut keberadaannya kurang populer.

Khusus Tipe B dan C, sedikit berbeda dengan virus Tipe A karena keduanya tidak diklasifikasi. Tipe B dan C tidak memiliki bermacam sub-tipe. Kedua Tipe virus ini juga tidak seberbahaya Tipe A.

Virus B umum ditemukan pada manusia. Meski dapat menyebabkan penyebaran penyakit yang cukup luas (pandemi), tapi virus Tipe B ini tidak menyebabkan korban (epidemi) seperti virus Tipe A. 

Sementara Tipe C tingkatnya lebih moderat dari A dan B karena tidak bisa menyebabkan epidemi maupun pandemi (menular tapi tak meluas). Virus Tipe C ini hanya menyebabkan sakit ringan pada manusia.
 
Itulah beberapa jenis virus flu yang dapat terjadi pada manusia. Agar tak terjangkiti, pola hidup sehat harus terus kita lakukan. Makan dan istirahat cukup, serta olahraga teratur akan menjadi solusi tepat agar tetap sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: