Sehat Dimulai dari Rumah

Sehat Dimulai dari Rumah

Sehat Dimulai dari RumahKesehatan adalah mutiara paling berharga. Karena itu menjaga kesehatan haruslah menjadi prioritas utama. Sebenarnya langkah pertama cukup sederhana, mulailah dari rumah kita.

Menurut Christopher Gavigan, ahli lingkungan dari University of California dan pengarang buku Healthy Child Healthy World, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar sehat sejak dari rumah. Berikut beberapa di antaranya;

  •  Gunakan cat tembok dan material perlengkapan rumah yang aman. Pastikan semua barang di sekeliling rumah tidak mengandung zat kimia dan bebauan yang mengundang sesak napas atau mengundang penyakit lain (non toxic).
  •  Bebaskah rumah dari debu. Partikel kecil ini menurut American Health Associationmerupakan salah satu pemicu berbagai penyakit.
  •  Bebaskah rumah dari nikotin. Menurut Philip Landrigan MD, direktur dari Children’s Environmental Health Center di Mount Sinai School of Medicine, New York, merokok menjadi pemicu asma bagi anak-anak dan keluarga lainnya.
  •  Kurangi pestisida. Penyemprot serangga biasanya mengandung bahan kimia yang kadang melebihi ambang batas dan tentu saja membahayakan kesehatan.
  •  Carilah wadah plastik yang aman. Saat ini, kode yang aman pada plastik, terutama untuk penggunaan bahan panas atau di microwave adalah yang memiliki kode 5.
  •  Pastikan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup. Sinar matahari dan udara dari luar yang keluar masuk akan memberi kesegaran dan kesehatan bagi penghuni rumah sehingga lebih tahan sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: