Penyakit Jantung, Si Pembunuh Nomor Satu

Penyakit Jantung, Si Pembunuh Nomor Satu

Tahukah Anda, apa penyebab kematian utama di dunia ini? Ternyata bukan perang dan bukan bencana alam. Melainkan, penyakit-penyakit berat yang kebanyakan justru ditimbulkan oleh gaya hidup manusianya sendiri. Laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2008 menunjukkan bahwa penyakit berat yang jadi pembunuh nomor satu adalah serangan jantung dan problem seputarnya.

Menurut laporan tersebut, total kematian akibat penyakit jantung adalah 29 persen dari kematian global setiap tahunnya. Hasil tersebut merupakan studi yang dilakukan WHO sejak tahun 2004 tentang kematian di 112 negara.

Sayangnya, meski dikenal sebagai pembunuh nomor satu, ternyata banyak orang justru sering mengabaikan gejala-gejala awal penyakit ini. Menurut Profesor Shahryar A. Sheikh, MBBS, mantan presiden World Heart Federation, gejala awal seperti sakit dan tidak enak di dada, bahu kiri, tangan, siku, punggung atau rahang sering dianggap sebagai angin lalu. Orang baru akan sedikit sadar jika sudah sesak napas, mual, muntah, keluar keringat dingin, pucat hingga pingsan. Padahal, saat itulah, risiko kematian bisa terjadi kapan saja. Terlambat sedikit, nyawa bisa tak tertolong lagi.

Menurut Profesor Sheikh, ada tiga jenis penyakit gangguan jantung dan pembuluh darah atau kardiovaskular:

• Penyakit jantung koroner, yakni gangguan pembuluh darah ke jantung. Misalnya seperti serangan jantung, nyeri
  dada, dan irama jantung tidak normal.

• Penyakit serebrovaskular, merupakan gangguan pembuluh darah ke otak. Misalnya seperti stroke yang terjadi
  karena sel otak kekurangan suplai darah sehingga menyebabkan gangguan yang menyerang sistem tubuh
  seperti gerakan, rasa, penglihatan dan kemampuan bicara yang hilang.

• Penyakit vaskular perifer, yaitu gangguan pembuluh darah yang menyuplai tangan dan kaki yang terkadang 
  datang dan pergi. Ini terasa seperti kram otot kaki atau tangan.

Agar tak terlambat, Profesor Sheikh menyarankan, perlunya perubahan manajemen gaya hidup. Hal utama yang disarankan yaitu: hentikan kebiasaan merokok, jaga berat badan agar selalu ideal, jangan makan berlebihan, berolahraga secara teratur, istirahat cukup, kontrol kolesterol, kontrol tekanan darah dan gula darah, serta kontrollah kesehatan secara rutin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: