Menjaga Hati dari Hepatitis

Menjaga Hati dari Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang fungsi hati atau liver. Dimana menimbulkan peradangan pada hati. Jika fungsi hari ini rusak maka racun-racun dalam darah mengendap akan mengganggu kerja organ lain.

Penyebab terbanyak yang menimbulkan kerusakan hati/hepatitis karena konsumsi alkohol secara berlebihan dan juga karena virus. Apabila sistem kekebalan tubuh manusia melemah maka virus hepatitis ini dengan cepat menyerang tubuh. Sebaliknya kekebalan tubuh yang baik, maka antibodi dapat membersihkan virus tersebut.

Pada kebanyakan kasus, kerusakan liver baru terlihat saat sudah rusak parah. Hal ini terjadi karena hepatitis tidak selalu menampakkan gejala. Namun pada umumnya gejala yang ditimpulkan adalah demam, diare, mual, badan lemas, dan kadang kala mengalami rasa nyeri pada perut bagian kanan. Juga terkadang ditemukan kasus dimana mata dan kulit terlihat kekuningan.

Penyebaran virus hepatitis khususnya hepatitis A biasanya menggunakan media tangan kita. Ada baiknya untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini sebaiknya mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Virus ini banyak terdapat pada kotoran manusia maka dari itu disarankan untuk mencuci tangan sehabis buang air atau menggunakan toilet. .

Penularan dari penderita hepatitis biasanya melalui cairan tubuh yang masuk kedalam tubuh orang sehat yang mengakibatkan dia terjangkit hepatitis B.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: