Kesehatan Saat Berpuasa

Kesehatan Saat Berpuasa

Ditinjau dari sudut pandang kesehatan, Puasa memiliki beberapa manfaat dan kebaikan dalam tubuh kita. Namun, perlu diketahui juga ada beberapa komplikasi kesehatan yang terjadi selama kita berpuasa. Beberapa komplikasi kesehatan yang sering terjadi yaitu :

Panas Dada (Heartburn)

Ini merupakan komplikasi kesehatan seperti terbakar pada dada. Biasanya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke saluran pencernaan lebih atas (kerongkongan). Saat kita puasa, asam lambung ini turun namun otak bisa terstimulasi untuk menghasilkan asam lambung lebih besar jika mencium aroma makanan sehingga bisa berakibat heartburn tersebut. Solusi yang dapat diambil untuk menjaga komplikasi heartburn ini yaitu dengan mengkonsumsi penetralisir asam lambung sebelum sahur. Juga disarankan untuk menghindari makanan yang berminyak seperti gorengan dan makanan yang terlalu pedas.

Sakit kepala

Sakit kepala biasanya terjadi karena dehidrasi, kelaparan dan istirahat kurang baik. Sakit kepala ini dapat dicegah dengan cara makan sahur yang disertai dengan minum cairan yang cukup. Jika diperlukan, obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dapat dikonsumsi. Sakit kepala juga dapat dihindari dengan tidak berada pada cahaya matahari langsung. Gunakan topi atau kacamata yang dapat menahan sinar matahari saat bepergian.

Dehidrasi

Merupakan hal yang umum terjadi selama berpuasa karena kehilangan cairan tubuh secara terus menerus. Untuk mencegah dehidrasi disarankan untuk minum air yang cukup ketika sahur dan berbuka puasa.

Disamping timbul komplikasi kesehatan yang terjadi selama puasa, terdapat juga sisi manfaat dari berpuasa dengan pentingnya menjaga pola makan selama puasa dan menjaga system pencernaan supaya tetap lancar dan sehat. Beberapa tips untuk memelihara sistem pencernaan yaitu :

  • Konsumsi menu makanan seimbang
  • Rutin makan dengan mengkonsumsi makanan secara teratur saat sahur dan berbuka puasa
  • Kunyah makanan lebih lama
  • Cukup minum
  • Konsumsi buah-buahan
  • Makan yoghurt yang mengandung probiotik dan dapat membantu melancarkan pencernaan
  • Rileks setelah makan, beri waktu tubuh untuk mencerna makanan
  • Hindari makanan berlebih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: