Jangan Sepelekan Alergi

Jangan Sepelekan Alergi

Rumah Anda cenderung mudah berdebu? Jika ya, berhati-hatilah. Sebab, debu yang sangat kecil dan sering dianggap remeh bisa mengundang reaksi alergi bagi orang yang memiliki sensitivitas tertentu. Dampaknya, biasanya mulai dari bersin, hidung gatal, hingga yang parah seperti sesak nafas.

Sepertinya sepele, tapi alergi ternyata bisa juga berbahaya. Debu yang mengundang alergi menurut Andrea Ferro, professor Ilmu Lingkungan di Clarkson University Amerika bisa berbahaya. “Debu bisa mengandung kandungan racun seperti pestisida, polychlorinated biphenils (PCB) hingga polycyclic aromatic hydrocabos (PAH). Dan itu biasanya terkandung dalam debu di dalam rumah,” sebutnya.

Selain debu, ada juga beberapa penyebab alergi yang juga harus diwaspadai…
• Obat-obatan: antibiotik penisilin, antikonvulsan, sulvonamid.
• Makanan: seafood, telur, kacang panjang, kacang tanah, kacang kedelai, dan kacang-kacangan lainnya, susu, jagung dan tepung jagung.
• Binatang: sengatan serangga, bulu binatang, kecoa, dan kutu.
• Zat adiktif pada makanan penyedap, pewarna, atau bahan pengawet tertentu.
• Serbuk tanaman: jenis rumput tertentu, jenis pohon yang berkulit halus dan tipis, serbuk spora.

Untuk mengobati alergi, butuh penanganan dokter. Karena setiap orang dengan gejala yang sama bisa memiliki penyebab berbeda. Sehingga harus ditangani dengan obat yang berbeda pula. Untuk itu, jangan sembarangan mengonsumsi obat antialergi. Bisa jadi, obat yang diminum malah memperparah penyakit sehingga orang harus mendapatkan pertolongan gawat darurat. Sebab, menurut Guru Besar Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Armen Muchtar, DAF.DCP., Sp.FK(K), jika salah penanganan, alergi bahkan bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Selain upaya penyembuhan, upaya pencegahan juga harus dilakukan. Yang utama yakni dengan menjauhkan sumber alergi. Misalnya, dengan sering membersihkan rumah dari debu, menjauhi makanan penyebab alergi, dan berbagai penyebab lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: