Hati-Hati Kolesterol

Hati-Hati Kolesterol Saat Liburan

Kolesterol tinggi saat liburanSaat musim libur, biasanya kita cenderung mengendurkan aturan, terutama soal makanan. Ini terungkap dari studi yang dimuat di New England Journal of Medicine, di mana banyak orang yang bertambah berat badan saat liburan.

Karena itu, mengendalikan makanan saat berlibur perlu dilakukan. Terlebih, agar jangan sampai lemak bertambah, dan ancaman kolesterol datang. Apa saja yang harus dihindari atau dikurangi?

  •  Kulit unggas seperti bebek, ayam, atau kalkun. Sebab, di sana banyak tersembunyi lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.
  •  Campuran pemanis makanan seperti potongan daging berlemak, keju, mentega, dan saus. Campuran tersebut bisa mengandung sekitar 550 kalori. Untuk itu, gantilah dengan potongan buah atau makanan rendah lemak lain.
  • Kentang panggang atau goreng yang dicampur dengan irisan marshmallow, mentega, gula, atau taburan keju. Karena praktis, makanan ini sering jadi suguhan sebelum makan besar. Kurangi segera atau kalau pun digoreng, gunakanlah minyak rendah lemak.
  •  Camilan-camilan sebelum makan. Banyak camilan yang sebenarnya mengandung kalori dan lemak cukup tinggi. Cobalah menggantinya dengan olahan buah-buahan segar.
  • Makanan ringan yang digoreng. Kurangi jumlahnya, atau jika tidak, cobalah goreng dengan minyak rendah lemak seperti minyak zaitun.
  •  Popcorn berkaramel manis. Rasa manis ini mengandung banyak kalori tambahan.
  •  Minuman bersoda atau beralkohol. Ada baiknya, minuman jenis tersebut dikurangi atau bahkan tidak dikonsumsi sama sekali demi kesehatan.
  •  Kue-kue kering manis. Tanpa disadari, kue yang biasanya dikemas menarik itu mengandung tambahan lemak dan kalori yang tinggi. Cobalah ganti dengan makanan berbasis gandum atau sereal agar lebih sehat.
  •  Cokelat manis. Liburan akhir tahun biasanya identik dengan hadiah cokelat. Cobalah ganti cokelat dengan cokelat yang berkomposisi rendah lemak atau memiliki kandungan cocoa tinggi (sekitar 70%) agar lebih menyehatkan. Menurut banyak studi, jika tak berlebihan, makan cokelat bahkan bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Mari, jadikan liburan menyenangkan dan tetap menyehatkan. Bersantai tentu boleh, tapi jangan lupa kendalikan makan sehingga usai liburan kita akan tetap segar dan siap berprestasi kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: