Diabetes Sumber Penyakit Lainnya

Hati-Hati, Diabetes Sumber Penyakit Lainnya

Hampir semua orang kini mengenal penyakit diabetes. Selebritas ternama dunia seperti Halle Berry, raja talkshow Larry King, hingga pemandu bakat American Idol, Randy Jackson juga menderita penyakit ini. Diabetes adalah terjadinya proses metabolisme tubuh yang kurang baik, terutama berkaitan dengan bagaimana kita mengolah makanan menjadi energi dan membantu pertumbuhan. Dalam hal ini, sebagian besar makanan diubah menjadi gula dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Terdapat beberapa jenis diabetes yang dikenal saat ini. Yang pertama adalah diabetes tipe 1 yang mempengaruhi kekebalan tubuh. Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Karena itu, orang yang menderita diabetes jenis ini harus disuntik insulin seumur hidupnya.

Kemudian, ada juga diabetes tipe 2. Ini adalah jenis yang paling banyak diderita, yakni berkisar 90% lebih. Terjadi karena insulin yang diproduksi tidak mencukupi atau tidak bisa digunakan dengan baik. Penyakit ini biasanya diasosiasikan dengan usia yang sudah mulai menua, obesitas, serta mereka yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga. Menurut penelitian, lebih dari 80% penderita diabetes tipe 2 ini mengalami masalah kegemukan.

Sepintas, tampaknya penyakit diabetes hanya menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. tapi sebenarnya penyakit ini justru sangat potensi mendatangkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya memiliki komplikasi jangka panjang penyakit lain yang menjangkiti hampir seluruh tubuh. Di antaranya, yaitu menyebabkan kebutaan, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, gagal ginjal, amputasi, hingga kerusakan syaraf lainnya. Penyakit ini dapat menyebabkan sulitnya memperoleh keturunan atau bagi yang sedang hamil, potensi bayi lahir cacat bisa terjadi karena diabetes.

Itulah risiko yang terjadi bila seseorang mengalami penyakit diabetes. Untuk mencegah dan mengatasinya, ada beberapa anjuran utama. Salah satunya adalah dengan melakukan pola hidup sehat, diantaranya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga secara teratur dan berusaha menurunkan berat badan. Dengan aktivitas yang menyehatkan, tubuh akan lebih sensitif terhadap insulin sehingga serangan diabetes dapat dicegah.

Jadi, sudah sehatkah pola hidup kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: