MENGEMBALIKAN SEMANGAT HIDUP ANDA

Tips_Sederhana_Mengembalikan_Semangat_Hidup_Anda

Ada saat di mana masalah membuat kehidupan Anda menjadi kelam. Kadang Anda dapat mengatasinya dengan melakukan hal yang menyenangkan namun, ketika intensitas dan kepelikan masalah bertambah, depresi bisa saja menimpa Anda.

Depresi adalah masalah serius dan membutuhkan penanganan dokter sebab jika dibiarkan akan membahayakan kesehatan fisik dan mental Anda. Berikut tips dari buku Stealth Health terbitan Reader’s Digest yang mungkin bisa membantu mengembalikan semangat hidup Anda baik sebelum atau setelah terpuruk dalam lubang depresi.

  • Habiskan waktu setidaknya satu jam dalam seminggu dengan teman dekat
    Menurut penelitian di Inggris, 56 dari 86 wanita yang depresi  merasa lebih baik setelah dipertemukan dengan teman dekat. Kesimpulannya, kontak sosial yang teratur akan meningkatkan kepercayaan diri dan mendorong Anda melakukan perubahan yang positif
  • Makan seafood sekurangnya dua hari seminggu
    Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan laut yang kaya omega-3 lebih kecil kemungkinannya menderita depresi. Asam lemak yang terdapat pada ikan Salmon dan Makarel terbukti tidak hanya mencerdaskan otak tetapi juga membantu Anda mengontrol diri.
  • Minum satu atau dua cangkir teh atau kopi setiap pagi
    Asupan kafein yang teratur dapat membantu Anda mengurangi risiko terserang depresi lebih dari 50%, seperti yang telah diteliti oleh psikolog Edward J. Cumella. Kafein yang biasanya dapat dijumpai pada kopi dan teh dapat merangsang otak untuk bekerja lebih aktif dan menimbulkan efek rileks pada tubuh.
  • Bercermin dan paksakan bibir untuk tersenyum
    Penelitian telah membuktikan bahwa sejatinya senyum seperti apapun akan membuat Anda merasa senang. Menonton film lucu, membaca komik atau meminta teman melucu patut dicoba jika Anda membutuhkan bantuan ekstra untuk tersenyum.
  • Melakukan aktivitas di luar ruangan selama 10 menit atau lebih
    Melakukan aktivitas fisik di luar ruangan akan membantu tubuh melepaskan hormon dan zat kimia pendorong mood Anda. Berjalan selama 10 menit sudah cukup, tetapi jika memungkinkan cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menyatukan diri Anda dengan alam seperti mendaki gunung, berkano atau hanya bersepeda ringan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: