Liburan bersama keluarga

Liburan_Keluarga_Menyenangkan_dan_Ekonomis

Liburan bersama keluarga memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Belum lagi muncul masalah seperti lokasi liburan yang kurang tepat, layanan hotel, hingga guide yang asal-asalan, yang menyebabkan liburan keluarga yang seharusnya menyenangkan malah justru menjadi sebaliknya.

Berikut tips agar liburan keluarga Anda menyenangkan dan ekonomis:

Perencanaan
Tidak akan ada kegiatan yang menarik tanpa adanya perencanaan yang matang.  Luangkan waktu libur/ santai Anda untuk merencanakan kegiatan liburan. Usahakan membuat konsep, tujuan, transportasi, dan lain sebagainya sendiri. Setelah terncana dengan baik, sampaikan kepada seluruh anggota keluarga  agar mereka juga bisa memberikan masukan.

Gunakan Paket Liburan
Tidak ada salahnya mecoba paket liburan yang ditawarkan oleh sejumlah agen liburan/ travel agent. Selain banyak pilihan, urusan harga biasanya bisa diatur sesuai budget Anda, khususnya untuk liburan dengan jumlah keluarga yang banyak.

Transportasi
Masalah yang satu ini biasanya cukup menguras budget liburan keluarga Anda. Tidak ada salahnya jadwal liburan Anda ditentukan dengan promo-promo transportasi, seperti tiket pesawat, kereta api, dan lain sebagainya. Biasakan browsing melalui media internet untuk mengetahui promo tiket yang ditawarkan. Apabila liburan Anda tidak terlampau jauh, pilihan menggunakan kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan yang cukup hemat.

Akomodasi dan Kuliner
Kedua hal  penting ini wajib Anda pikirkan dalam perencanaan. Pastikan akomodasi dan kuliner Anda menyenangkan saat menikmati masa liburan bersama keluarga. Bukan tidak mungkin akomodasi untuk beristirahat tidak cukup nyaman, makanan tidak sesuai dengan lidah maupun kebersihannya tidak terjaga. Untuk lebih hematnya, cari lokasi penginapan yang tidak jauh dari tempat makan. Apabila tidak ada ataupun sulit, pastikan Anda sudah memberitahukan kepada pihak hotel perihal makanan dan minuman yang Anda inginkan.

Cindera mata/ buah tangan /Belanja
Kegiatan yang satu ini kerap kali menyebabkan keuangan Anda berkurang dengan cepat.  Redakan kegiatan berbelanja membeli cindera mata ataupun oleh-oleh terlalu banyak.  Carilah informasi mengenai cindera mata/ souvenir khas di wilayah wisata Anda terlebih dahulu, rencanakan dan siapkan dananya. Selain lebih hemat, bagasi Anda juga tidak terlalu berat (ini menyebabkan biaya bagasi menjadi bertambah jika menggunakan pesawat terbang, selain itu badan Anda tidak akan cepat letih karena membawa barang yang berat setelah berwisata. Ingatlah liburan itu untuk bersantai bukan membuat letih badan).

Daerah wisata
Bukan tidak mungkin, daerah wisata yang Anda kunjungi melipatgandakan pengeluaran dana liburan Anda. Kembali lagi kepada perencanaan, pastikan Anda sudah mendapatkan informasi selengkapnya mengenai tempat wisata yang akan Anda kunjungi bersama keluarga, jangan sampai pengeluaran liburan Anda melebihi dana yang Anda siapkan.

Camp Ground
Jenis wisata ini jarang sekali diterapkan dalam liburan keluarga. Hanya dengan bermodalkan tenda dan perbekalan yang banyak serta beberapa hal penunjang, liburan di bawah langit, api unggun, suara alam pasti lebih menyenangkan dan memberikan banyak kesan serta pengalaman yang berharga bagi keluarga.

Jasa pemandu wisata
Beberapa tempat wisata membutuhkan pemandu perjalanan. Pastikan Anda merencanakan dana untuk yang satu ini. Namun apabila Anda sudah mengenal baik daerah wisata yang akan Anda kunjungi, tidak ada salahnya Anda yang menjadi pemandunya bagi anggota keluarga lain.

Dana cadangan
Maunya berhemat tapi tidak sesuai dengan perencanaan.  Kesalahan perencanaan dapat terjadi kapan saja, terlebih lagi informasi yang Anda kumpulkan sebelumnya tidak berlaku lagi alias tidak muktahir. Ddengan kemungkinan seperti ini, ada kalanya Anda perlu menyiapkan dana cadangan khususnya untuk transportasi, akomodasi, dan kesehatan.

Wisata dalam kota
Hemat dan lebih unik. Memilih lokasi wisata di dalam kota merupakan salah satu pilihan dalam berwisata dengan hemat karena selain tidak membutuhkan dana besar, lokasi dan jarak dari rumah ke objek wisata sudah bisa ditentukan. Namun dengan syarat, untuk masalah belanja dan kuliner direncanakan terlebih dahulu, yakni dengan membawa bekal dari rumah atau tidak merencanakan belanja di sekitar objek wisata.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: