Kenali tanda-tanda Migrain

Kenali_Tanda-tanda_Migrain

Suatu hari Anda merasakan sakit kepala yang hebat padahal Anda perlu berkonsentrasi menyusun anggaran tahunan. Sakit kepala itu tidak biasa karena menyerang satu sisi kepala saja. Kepala berdenyut nyeri, tiba-tiba merasa mual dan sensitif terhadap cahaya, suara bahkan bau-bauan.

Keadaan seperti itu mungkin saja karena Anda terserang migrain atau sering juga disebut sakit kepala atau pusing sebelah. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja namun kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya atau malah mengenai kedua sisi kepala sekaligus. Repot, kan?

Migrain kadang agak sulit dibedakan dengan sakit kepala jenis lain. Sakit kepala akibat gangguan pada sinus atau akibat ketegangan otot leher mempunyai gejala yang hampir sama dengan gejalamigrain. Migrain dapat timbul bersama penyakit lain misalnya asma dan depresi. Sakit kepala seperti ini tidak menyerang tiba-tiba sehingga Anda dapat mencoba mengurangi frekuensinya dengan mengenali dan menghindari pencetus yang dapat menyebabkan migrain.

Tanda-tanda dan gejala migrain bervariasi di antara penderita namun ada empat fase gejala yang dikenali secara umum walau tidak semuanya harus dialami oleh penderita migrain.

Gejala awal (Prodrome)
Gejala ini terjadi 40–60% pada penderita beberapa jam atau hari sebelum sakit kepala. Fase ini antara lain diperlihatkan dari mood yang tiba-tiba berubah, lekas marah, depresi, kelelahan, menguap berlebihan, keinginan berlebihan terhadap makanan tertentu, otot-otot yang kaku (terutama di leher), sembelit atau diare serta peningkatan intensitas buang air kecil.

Aura
Gejala ini terjadi 20–30%  pada penderita yang segera menyerang atau berlangsung selama serangan. Gejala ini berhubungan dengan fokus neurologis yang pada umumnya mengganggu fenomena visual. Penglihatan mengabur atau berkilauan seolah-olah melihat dari kaca tebal, berkabut atau melihat garis yang bergelombang. Gejala lain mencakup halusinasi auditori, penciuman, kesemutan atau mati rasa pada wajah. Keadaan ini bisa terjadi bertahap lebih dari 5 hingga 20 menit dan biasanya berlangsung kurang dari 60 menit.

Tahap sakit
Gejala khasnya adalah nyeri pada satu sisi kepala saja, sering terasa di belakang mata. Aktivitas fisik yang tinggi dapat memperburuk keadaan sehingga nyeri bisa berpindah ke sisi lain atau malah menyerang kedua sisi kepala. Gejala lain yang sering menyertai antara lain: kepekaan berlebihan terhadap sinar, suara, bau dan merasa mual serta muntah. Tanpa pengobatan, sakit kepala biasanya sembuh sendiri dalam 4 sampai 72 jam.

Gejala akhir (Postdrome)
Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya, lemas, lelah atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala lain yang bisa terjadi adalah depresi, ketakutan dan kehilangan nafsu makan. Gejala-gejala ini menghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.

Penyebab pasti migrain masih belum begitu jelas diperkirakan karena adanya hiperaktivitas impulslistrik otak meningkatkan aliran darah di otak akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Telah diketahui bahwa faktor genetik berperan terhadap timbulnya migrain.

Migrain dapat dicetuskan oleh makanan tertentu (seperti coklat, MSG dan kopi), tidur berlebihan atau kurang tidur, tidak makan, perubahan cuaca atau tekanan udara, stres, bau yang sangat menyengat atau asap rokok serta terpaan cahaya atau sinar matahari yang berlebihan.

Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan menghindarinya. Jika mengenali gejalanya, Anda akan mudah menghindari pencetus migrain agar jumlah serangan dan tingkat keparahan dapat dikurangi. Memang beberapa pencetus di luar kemampuan Anda untuk mengontrolnya tetapi ada beberapa di antaranya yang dapat dihindari, bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: