Tekanan dengan torniket

by

Tekanan dengan torniket (torniquet)

Torniket ialah balutan yang menjepit sehingga aliran darah di bawahnya terhenti sama sekali. Sehelai pita kain yang lebar, pembalut segi tiga yang dilipat-lipat, atau sepotong karet ban sepeda dapat dipergunakan untuk keperluan ini. Panjang torniket haruslah cakup untuk dua kali melilit bagian yang hendak dibalut.

Tempat yang terbaik untuk memasang torniket ialah lima jari di bawah ketiak (untuk perdarahan di lengan) dan lima jari di bawah lipat paha (untuk perdarahan di kaki).

Caranya: lilitkan torniket di tempat yang dikehendaki. Lebih baik lagi apabila sebelumnya dialasi dengan kain atau kain kasa, untuk mencegah lecet di kulit yang terkena torniket.
Untuk torniket kain, masih perlu dikencangkan dengan sepotong kayu. Caranya, eratkan torniket dengan sebuah simpul hidup, kemudian selipkan sebatang kayu di atas simpul tersebut. Selanjutnya diikat lagi dengan simpul mati.

Kemudian putar kayu itu seperti memutar keran air untuk mengencangkan torniket. Tetapi jangan diputar terlalu keras, karena dapat melukai jaringan-jaringan di bawahnya.

Tanda bahwa torniket sudah kencang ialah menghilangkannya denyut nadi di tempat yang rendah dari torniket. Warna kulit di daerah itu menjadi pucat kekuningan.

Penderita yang ditorniket harus segera dikirim ke rumah sakit untuk pertolongan lebih lanjut, dan mendapat prioritas pertama untuk itu. Untuk memudahkan para pengusung, torniket harus nampak jelas dan tidak boleh ditutupi. Kalau perlu, misalnya dalam kecelakaan massal, dahi penderita diberi tanda “T” yang jelas.

Bagian yang ditorniket tidak boleh diselimuti atau ditutup apa pun. Biarkan saja dalam keadaan terbuka. Juga tidak boleh dipanaskan dengan cara apa pun. Hal ini untuk tidak mempercepat kematian jaringan yang tidak dialiri darah tersebut. Setiap 10 menit, torniket boleh dikendorkan (dengan memutar kayunya) selama 30 detik tepat. Sementara torniket kendor, luka ditekan dengan kasa steril

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: