Menghindari Obat Flu

by

Menghindari Obat Flu?

Menurut penelitian para ahli di Yale University of Medicine, Amerika Serikat, stroke juga dipicu oleh obat-obatan yang mengandung fenilpropanolamin (PPA). Komponen PPA ini biasanya ditemukan dalam obat flu dan obat pelangsing tubuh. Penelitian yang dikembangkan pada tahun 2000 itu menunjukkan adanya korelasi positif antara konsumsi PPA dengan stroke. Merujuk pada penemuan itu, badan yang mengurusi kesehatan makanan dan obat-obatan (FDA) memerintahkan untuk menarik peredaran obat yang mengandung PPA.

Penelitian Universitas Yale bukan mengada-ada karena memang PPA bekerja dengan jalan mempersempit pembuluh darah pada penderita flu, sehingga ingus tidak meleleh. Pada mereka yang terobsesi dengan bentuk tubuh indah nan ramping, PPA berfungsi menekan nafsu makan.

Karena fungsinya menekan pembuluh darah, pengaruh PPA bisa sangat luas. Bukankah pembuluh darah ada di sekujur tubuh? Yang paling parah tentu jika penyempitan pembuluh darah terjadi di otak. Akibat yang akan timbul adalah pecahnya pembuluh darah (hemoragik).

Meski mengerikan, tetapi masyarakat tidak perlu terlalu cemas. Sebab, kandungan PPA dalam obat-obatan di Indonesia tidak terlalu tinggi. Sebagian obat-obatan yang tadinya menggunakan PPA juga sudah digantikan dengan bahan kimia yang lebih aman. Ini berbeda dengan kondisi di Amerika Serikat yang tingkat konsumsinya tergolong tinggi. Lagi pula, pengaruh buruk PPA akan efektif jika penggunaannya dilakukan dalam jangka waktu lama dan terus-menerus.

Terlepas dari faktor mayor atau minor sebagai penyebabnya, stroke tetap penting dihindari dengan mengingat risiko kematian yang ditimbulkannya. Apalagi, negara kita secara medis belum sepenuhnya menggunakan teknologi yang bisa mengatasi masalah ini, dan secara ekonomi belum bisa menjangkau masyarakat luas. Maka itu, menjaga kondisi kesehatan tetap menjadi pilihan terbaik. Dokter selalu menyarankan agar kita selalu menjaga kebiasaan baik. Beberapa saran yang penting dilakukan agar terhindar dari serangan stroke dapat dijelaskan di bawah.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: