Masalah Sakit Pinggang

by

Masalah Sakit Pinggang

Apa sakit pinggang lain yang bukan sebab saraf, tulang, dan otot
Sakit pinggang kiriman atau referred pain sumber penyakitnya bukan di pinggang, namun keluhannya terasa di pinggang. Gangguan di dalaman perut dan isi rongga panggul terasanya di pinggang. Gangguan di usus besar bisa terasa di pinggang juga. Begitu juga jika rahim terganggu. Infeksi kandung kemih disertai sakit pinggang juga. Gangguan usus duabelas jari selain tidak enak di uluhati disertai sakit pinggang. Hal yang sama pada gangguan kelenjar ludah perut pancreas, atau kelainan pembuluh aorta jantung. Sakit pinggang sebab batu ginjal nyeri di pinggangnya terasa sampai ke perut, buah zakar, atau bibir vagina.

Rasa nyeri pada sakit pinggang kiriman biasanya tidak tegas, tidak tajam, terasa dalam, dan menyebar. Dengan menyembuhkan penyakit asalnya, keluhan sakit ping- gangnya hilang dengan sendirinya.

Sakit pinggang sering mencerminkan keadaan jiwa. Beban berat pada jiwa sering dihibahkan ke pinggang. Sakit pinggang sebab jiwa, hilang timbul sesuai dengan pasang surutnya pikiran dan emosi. Habis berhubungan seks besoknya pinggang diungkapkan “seperti mau patah”, lebih sebagai sakit pinggang sebab jiwa yang resah.

Sakit pinggang yang semakin hari semakin menghebat kemungkinan kanker tulang penyebabnya. Sakit pinggang yang menghebat sewaktu berbaring biasanya sebab tumor. Sakit pinggang rematik umumnya didahului oleh keluhan rematik di tempat lain.

Apa saja penyebab sakit pinggang sejati? 
Sakit pinggang sejati berpusat pada tulang belakang bagian pinggang atau lumbal yang terganggu. (1) Paling sering sebab salah sikap dan posisi tubuh tidak ergonomic. Nyeri tidak enak di pinggang, biasanya terlupakan jika sedang sibuk, badan lekas letih dan tidak bugar.

Biasanya dialami oleh mereka yang kurang gerak (se-dentary); posisi duduk tidak tepat, kegemukan, pemalas, dan mengalami ketegangan mental; (2) Kemungkinan ada perubahan jaringan fibrosis tulang belakang atau disebut lumbago. Keluhannya sewaktu berbaring tidak dapat berbalik; (3) Mengidap kelainan tulang pinggang sejak muda (20 tahunan) atau spondilitis ankylopoetic; (4) Salah urat pada otot-otot pinggang atau keretakan ruas tulang pinggang yang lazim terjadi pada orang gemuk; (5) Spondyloarthrosis deformans tulang pinggang. Ini bagian dari proses menua. Sering pada usia di atas 50 tahun; (6) Arthritis sacroiliaca radang sendi ruas tulang pinggang sebab penyakit TBC; (7) HNP (Hernia Nucleous Pulposes) atau proses melunak dan rusaknya bantalan ruas tulang pinggang.

Bagaimana terapi sakit pinggang?
Sakit pinggang diterapi sesuai penyebabnya. Mulai dengan obat minum, suntikan di lokasi yang sakit, sampai perawatan khusus di rumah sakit. Tergolong paling berat sakit pinggang HNP yang mungkin memerlukan pembedahan. Obat pereda rasa nyeri (analgeticum dan obat-obat antirematik) hanya meredakan rasa nyeri sesaat saja. Jika penyebabnya tidak dihilangkan, sakit pinggangnya akan tetap ada terus.

Jenis sakit pinggang sebab salah sikap dan posisi tubuh sehingga ada bagian otot pinggang yang menegang (spasme), yang biasanya hilang dengan dipijat. Sedang sakit pinggang pada gangguan jiwa hanya hilang jika ketegangan jiwanya dikendurkan.

Apa semua sakit pinggang boleh dipijat?
Tidak semua pijatan mengurangi keluhan sakit pinggang, apalagi bisa sampai menyembuhkannya. Jika sakit pinggangnya sebab tulang keropos, atau jepitan saraf, atau rusaknya ruas tulang belakang akibat penyebaran kanker, dengan pemijatan mungkin malah memperburuk kerusakan tulangnya sehingga menambah berat keluhan dan gejalanya.

Hanya sakit pinggang sebab ketegangan otot, salah duduk, salah tidur, salah berdiri, dan salah berjalan, atau akibat pemakaian alas kaki bertumit tinggi, yang biasanya menjadi lebih enak dengan pemijatan.

Sakit pinggang yang tidak mereda dengan pemijatan, atau malah bertambah parah, perlu diwaspadai. Mungkin bukan sakit pinggang biasa, dan perlu segera ditangani medis supaya tidak lebih buruk komplikasinya.

Rusaknya tulang belakang akibat penyebaran kanker, pada tingkat tertentu, bisa berakibat kelumpuhan tubuh mendadak. Bahkan cuma oleh sontekan kecil sekalipun, kelumpuhan bisa mendadak terjadi.

Apa selama sakit pinggang masih boleh berolahraga?

Tergantung sebab sakit pinggangnya. Sakit pinggang HNP menjadi kambuh sehabis melakukan aktivitas fisik berat, termasuk berolahraga. Tetapi, yang berbakat osteoporosis dan yang otot-otot pinggangnya kaku sebab kurang gerak justru perlu berolahraga agar otot, sendi, dan ruas tulang belakangnya lebih lemas dan pengeroposan tulangnya tidak bertambah buruk. Sakit pinggang pada kerusakan ruas tulang pinggang tidak diperkenankan melakukan aktivitas fisik berat, termasuk jenis olahraga berat seperti badminton, voli, basket, dan sepak bola. Berenang dan berjalan berendam di kolam renang pilihan yang lebih tepat.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: