Malabsorpsi Lemak

by

Malabsorpsi Lemak

Selain gangguan penyerapan gula susu, adakalanya terjadi gangguan penyerapan zat lemak. lni terjadi karena produksi enzim lipase untuk mencernakan zat lemak tidak mencukupi. Gangguan penyerapan ini tidak terjadi pada semua jenis zat lemak, biasanya untuk jenis lemak dengan rantai panjang saja, tidak untuk jenis zat lemak rantai menengah, atau rantai pendek.

Sama halnya seperti pada malabsoprsi gula susu, pada kasus malabsorpsi lemak juga muncul gejala, selain kembung, dan kemungkinan kolik. Jika diperiksa, tinjanya mengandung lebih banyak lemak dibanding tinja normal.

Pada kasus malabsorpsi lemak, ada gangguan produksi empedu, selain enzim lipase. Pada kasus yang lain, jonjot usus sudah rusak juga, selain sebab ada gangguan sistem getah bening usus. Kasus malabsorpsi lemak juga dapat terjadi apabila ada penyakit pada kelenjar ludah perut pancreas, penyakit hati, dan penyakit usus halus.

Kasus malabsorpsi lemak diterapi dengan mengganti menu sumber lemak dari jenis lemak dengan rantai menengah (MCT), dan menjauhi sumber makanan berlemak dengan rantai panjang (LCT) seraya melakukan koreksi terhadap apa penyebab di belakangnya.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: