Cara mengukur berat badan

by

Cara mengukur berat badan

Berat badan ideal
Menimbang dan bercermin saja tidak cukup: ada rumus yang tepat untuk mengetahui berat badan ideal Anda menurut tipe rubuh, jenis kelamin, dan usia. Secara umum, jika Anda ingin mengetahui berat badan Anda, Anda cukup naik ke atas timbangan dan segera tahu berapa kilo kenaikan atau penurunan berat badan Anda. Terkadang Anda kecewa, terkadang gembira. Sebenarnya, berat badan Anda dapat diukur dengan cara yang lebih tepat. Setiap orang mempunyai tipe tubuh yang berbeda-beda dan berat badan kita tidak selalu mencerminkan apakah kita kelebihan beberapa kilogram atau apakah tubuh kita sehat. Ada sejumlah cara untuk mengukur secara tepat apakah berat badan Anda sehat, menggunakan metode-metode yang telah diterima oleh organisasi-organisasi kesehatan internasional.

Cara menurunkan berat badan

Cara mengukur
Indeks Massa Tubuh
Indeks Massa Tubuh atau IMT saat ini merupakan alat yang paling umum digunakan untuk mengukur obesitas. Untuk menghitung IMT, langkah pertama adalah menimbang berat badan Anda (tanpa sepatu dan hanya mengenakan baju yang tipis). Kemudian, ukur ringgi badan Anda. Pastikan bahwa Anda benar-benar berdiri regak. Berdirilah dengan kepala, bokong, dan tumit menempel di dinding. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan karena lemak yang sangat berlebih, cukup berdiri tegak dengan kedua lengan di samping tubuh. Pandangan lurus ke depan, kepala tetap lurus dan tegak. (Anda mungkin terkejut karena mengira bahwa Anda lebih tinggi. Tinggi badan dapat berubah seiring dengan usia, jika tulang belakang mulai menyusut. Postur yang buruk, gaya hidup sedentari, dan kurangnya peregangan dapat menyebabkan terjadinya hal ini.) IMT mengukur berat badan Anda relatif terhadap tinggi badan. Rentang ideal adalah 8,5-24,9. Seseorang dengan IMT antara 25 dan 30 dikatakan kelebihan berat badan dan IMT lebih dari 30 mengindikasikan obesitas.

Kalkulator Body Mass Index (BMI)

Mengukur pinggang Anda
Cara lain untuk mengetahui apakah Anda berisiko kelebihan berat badan adalah dengan mengukur pinggang. Anda harus mengukur pinggang Anda secara tepat. Menurut WHO (World Health Organization), lingkar pinggang orang yang sehat maksimal 80 cm untuk perempuan dan 94 cm untuk laki-laki. Lebih dari itu berarti lampu merah yang menunjukkan bahwa Anda kelebihan berat badan. Lingkar pinggang lebih dari 88 cm untuk perempuan dan 102 cm untuk laki-laki adalah tanda bahwa Anda berada dalam risiko yang serius karena ada peningkatan timbunan lemak di sekitar organ pencernaan Anda di daerah perut. Kelebihan berat tipe ini dapat sangat berisiko terhadap kesehatan.

Indeks Manfaat Negatif Makanan Tidak Sehat & Digoreng

Persentase lemak tubuh
Persentase lemak tubuh diperoleh dengan grafik Deurenberg dan membutuhkan beberapa perhitungan. Biasanya, dokter spesialis atau ahli gizi dapat melakukan pengukuran ini. Hasil pengukuran berupa persentase yang menyatakan apakah Anda kelebihan berat badan

Tags:

One Response to “Cara mengukur berat badan”

  1. nizar Says:

    bagaimana jika wanita dengan lingkar pinggang kurang dari 80cm, apakah termasuk kurus??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: