Cara memerangi virus flu

by

Cara memerangi virus flu

Prinsip dasar pencegahan penyakit flu adalah meningkatkan kekebalan/imunitas diri. Dengan daya tahan tubuh yang optimal, meskipun suatu saat kita terpapar/berkontak dengan virus tersebut kondisi tubuh bisa dengan cepat melakukan perlawanan terhadapnya, sehingga flu bisa cepat sembuh tanpa mengalami komplikasi penyakit lainnya.

Usaha-usaha yang bisa kita lakukan adalah:
1. Mengkonsumsi buah-buahan, dan sayur-sayuran yang cukup. Dalam buah-buahan tersebut terkandung zat gizi/vitamin yang bisa mening-katkan daya tahan tubuh.
2. Berolah raga yang rutin dan adekuat. Lebih baik melakukan latihan 5 kali seminggu dengan kadar yang cukup daripada satu atau dua kali seminggu dengan olah raga yang tergolong berat.
3. Bagi yang sudah menderita, hormati lingkungan sekitarnya dengan cara mencegah penularan virus flu misalnya bersin sambil menutup
hidung dengan saputangan atau tisu, bercakapcakap seminimal mungkin.
4. Rajin-rajinlah mencuci tangan (atau menggunakan antiseptik cair untuk tangan) karena seperti diketahui virus flu ini bisa menular via percikan ludah pada saat orang batuk, bersin maupun berbicara. Virus ini pun bisa terdapat di tangan penderita, maupun di tempat-tempat bekas jamahan tangan penderita yang sudah mengandung virus influenza tersebut.
5. Beristirahatlah yang cukup agar tubuh tetap fit, dan jauhilah stres.
6. Jika memang usia maupun kondisi tubuh Anda ada dalam kelompok risiko tinggi, pikirkan penggunaan vaksin flu untuk mencegah terkena virus ini.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: